Menu

Pesona Keindahan Gunung Rinjani di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat

Desember 16, 2019 - Wisata
Pesona Keindahan Gunung Rinjani di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani adalah gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 m dpl.

Gunung Rinjani memiliki panorama alam yang sangat memukau. Sehingga tidak heran jika gunung yang juga merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani ini menjadi gunung favorit bagi pendaki di Indonesia maupun mancanegara. Bahkan panorama alam di gunung ini merupakan panorama yang paling bagus dan indah di antara gunung-gunung lain yang ada di Indonesia. Salah satu obyek wisata andalan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani adalah pendakian puncak Gunung Rinjani.

gunung rinjani

Berikut ulasan lengkap mengenai Pemandangan alam gunung Rinjani di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat
Kenapa setiap tahunya banyak sekali wisatawan yang datang di gunung rinjani?

Pada setiap tahunnya antara bulan Juni hingga Agustus banyak pengunjung yang berdatangan ke tempat ini. dan setiap tahunya bisa naik sampai 10%, dan Yang menjadi tujuan dari para pengunjung datang ke kawasan ini adalah bisa mendaki hingga ke puncak Gunung Rinjani, yang merupakan suatu kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Suhu udara di Gunung Rinjani cukup dingin, berkisar sekitar 20°C dan terendah mencapai sekitar 12°C.

Selain puncak Gunung Rinjani, tempat yang paling sering dikunjungi adalah Segara Anakan, yang merupakan sebuah danau yang terletak di sebelah barat kerucut Gunung Rinjani. Danau ini berada pada ketinggian 2.000 m dpl. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah dan mengalir melewati jurang yang curam.

Apa saja yang ada di Segara anakan?

Di Segara Anakan banyak terdapat ikan mas dan ikan mujair, sehingga tempat ini sering digunakan untuk memancing. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berendam di air panas yang mengandung belerang dan berkemah di sekitar danau. Seluruh perjalanan menyusuri Gunung Rinjani hingga ke puncak memerlukan waktu tiga hari dua malam. Namun jika Anda juga ingin melihat Gua Susu dan Gunung Baru Jari, diperlukan tambahan waktu dua hari perjalanan.

Pemandangan alam mulai dari perjalanan hingga ke puncak Gunung Rinjani sungguh sangat luar biasa indahnya. Dalam perjalanan menuju puncak, Anda bisa menjumpai berbagai jenis flora, seperti pohon cemara gunung dan bunga edelwise. Selain itu, juga berbagai jenis fauna, seperti rusa, landak, monyet dan lain-lain. Dari puncak Gunung Rinjani, jika cuaca sedang bagus Anda bisa melihat Gunung Agung Bali, Gunung Tambora Sumbawa dan Gunung Ijen Banyuwangi.